ORANG YANG TIDAK AKAN TERSENTUH API NERAKA* 

عن ابن مسعود. قال النبي صلى الله عليه وسلم: .ألا اَخْبَرُكُمْ مَنْ تُحَرُّم عليه النَّارِ. قا لُوا  : بلى يا رسول الله. قال: ..على كل هَيِّنٍ, لَيِّنٍ, قَرِيْبٍ, سَهْلٍ. .رواه الترميذى وابن حبانّ
Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wasallam – bersabda:

“Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram (tersentuh api) Neraka …?” 
Para Sahabat Nabi SAW menjawb : 
“Ya, wahai Rasulullah.”
Beliau, Rasulullah SAW  menjawab:
“Orang yang Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl.” 
(HR. Tirmidzi & Ibnu Hibban, dari Ibn Mas’ud) 
*HAYYIN*: Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir batin, teduh jiwanya. Tidak labil, tidak gampang marah, tidak grasa-grusu dalam segala hal, penuh pertimbangan. Tidak gampang memaki, melaknat dan ngamuk (mudah tersulut berita yang sampai padanya). 
*LAYYIN*: Orang yang lembut dan kalem, baik dalam bertutur-kata atau berbuat. Tidak kasar, main cantik sesuai aturan, tidak semaunya sendiri, segalanya tertata rapi. Tidak galak & suka memarahi orang yang ! pendapat dengannya, tidak suka memaksakan pendapat. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk saudaranya sesama muslim. 
*QARIB*: Orang yang akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi yang mengajak bicara. Tidak acuh. Biasanya murah senyum jika bertemu, wajahnya berseri-seri dan enak dipandang. Mudah untuk diajak berteman. 
*SAHL*: Orang yg tidak mempersulit urusannya dengan orang lain. Selalu memberikan solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain lari dan menghindar.
    “Semoga Bermanfaat”

Leave a Reply/Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.